Penyerahan DIPA Diwarnai Aksi Unjuk Rasa

Penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran atau DIPA tahun 2006 dilakukan serentak di 33 provinsi, Senin (2/1). Penyerahan dilakukan oleh sejumlah menteri mewakili presiden dan diserahkan kepada gubernur di tiap provinsi.

Total DIPA tahun 2006 berjumlah Rp 647,7 triliun, yakni untuk Anggaran Belanja Negara sebesar Rp 427,6 triliun, dan untuk Anggaran Belanja Daerah sebesar Rp 220,1 triliun.

Penyerahan DIPA untuk Provinsi Papua kemarin dilakukan Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi di Jayapura kepada Pelaksana Tugas Gubernur Papua Andi Baso Basaleng. Total nilai proyek dari 368 dokumen DIPA itu sekitar Rp 9,5 triliun.

Upacara penyerahan DIPA itu dihadiri para bupati, kepala dinas provinsi, anggota DPR Papua.

Presiden dalam sambutan tertulis yang dibacakan Freddy Numberi menyatakan, semua pihak harus konsisten pada aturan yang ada. Sistem yang baik, dilaksanakan dengan konsisten, dan diawasi dengan cermat merupakan langkah penting untuk mencegah terjadinya berbagai penyimpangan dalam penggunaan anggaran.

Dikatakan, ketimpangan yang terjadi selama tiga dasawarsa pelaksanaan pembangunan merupakan akibat dari pelaksanaan anggaran yang tidak tepat waktu. Anggaran yang terlambat turun membuka peluang terjadi berbagai penyimpangan.

BAGIKAN

Sahabat ICW_Pendidikan